Sabtu, 11 Desember 2010

produk jasa ukm

Produk Jasa Usaha Kecil Menengah

Jasa adalah tindakan atau kinerja yang memberikan manfaat bagi pelanggan dengan memberikan perubahan yang diinginkan diri sendiri atau atas nama si penerima. Sedangkan produk adalah sebuah barang atau jasa yang diperjualbelikan.
Produk jasa dalam ukm dapat dilakukan dengan berbagai cara diantarannya adalah internet.Internet digunakan sebagai media komunikasi dengan berbagai pihak. Misalnya disini antara UKM dengan supplier. Sebagai contoh UKM di bidang peternakan ayam. Pemiliknya bisa menggunakan e-mail kepada supplier pakan ternaknya misalnya untuk melakukan order atau sebaliknya pihak supplier yang melakukan komunikasi dengan UKM. Komunikasi disini bisa bermacam-macam, salah satu yang sudah dibahas tadi misalnya penggunaan e-mail. Penulis pernah melihat ada perusahaan jasa tenaga kerja di Surabaya yang sudah menggunakan Yahoo! Messenger untuk melakukan negosiasi dengan calon penampung tenaga kerja di hongkong. Jadi para calon TKI tersebut duduk di depan PC yang dilengkapi dengan webcam sehingga calon penamung tenaga kerja di luar negeri bisa melihat langsung kondisi fisik dari calon TKI.
Dan promosi Ini maksudnya internet digunakan sebagai sarana promosi jasa atau produk yang ditawarkan oleh UKM. Sebagai contoh misalnya UKM di bidang rent car (persewaan kendaraan) bisa mempromosikan jasanya melalui website atau juga melalui mailing list. Dari pengalaman penulis bahwa media mailing list merupakan yang paling efektif untuk menawarkan jasa atau produk. Kenapa begitu? Itu dikarenakan bahwa mailing list adalah suatu forum diskusi berbasis e-mail mengenai suatu topik tertentu. Orang-orang atau pihak-pihak yang tergabung dalam suatu mailing list tertentu biasanya mempunyai satu kesamaan tujuan dan juga kesamaan minat tertentu. Sebagai contoh ada mailing list mengenai balita atau mailing list ayah bunda yang isinya mengenai seputar pasangan muda yang baru mempunyai anak. Anda misalnya seorang pengusaha UKM di bidang pakaian bayi, Anda bisa menawarkan produk Anda ke mailing list yang sudah disebutkan tadi. Dengan demikian promosi bisa lebih fokus kepada target audience tertentu dan relevan dengan produk yang Anda tawarkan. Sebagai kesimpulan promosi disini bisa dilakukan melalui berbagai cara yaitu:
·         Website, Anda bisa membuat website bagi jasa atau produk yang Anda jual dan masukkan website tersebut ke dalam search engine. Ukurlah seberapa efektif promosi Anda melalui website. Ini bisa dilihat dengan mengamati statistik pengunjung website Anda atau juga dari feedback yang masuk melalui website Anda.
·         Mailing list, Anda bisa mengirimkan promosi jasa atau produk Anda dalam bentuk e-mail ke mailing list yang relevan dengan yang Anda tawarkan. Caranya mudah sekali. Anda bisa menuju ke www.yahoogroups.com dan cari mailing list yang relevan dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan dan kemudian ikutlah bergabung dengan mailing list tersebut. Sembari berdiskusi dengan anggota mailing list yang lain maka Anda bisa juga menawarkan produk atau jasa Anda.
·         Chat, Anda bisa menggunakan sarana chatting untuk menawarkan produk atau jasa Anda. Chat disini biasanya efektif jika dalam bentuk chat room (bukan private chat). Sebagai contoh Anda bisa membuat chat room di Yahoo! Messenger untuk mengajak orang bergabung dan melihat apa yang Anda tawarkan.
Riset
Fungsi lain dari internet yang tidak kalah pentingnya adalah untuk melakukan riset dan perbandingan. UKM harus memanfaatkan internet untuk riset agar bisa mengetahui seberapa jauh keunggulan produknya dibanding produk sejenis lain yang sudah ada. Fungsi riset disini juga bisa digunakan untuk mencari formula baru untuk memperkuat mutu dari produk atau jasa. Riset juga berguna untuk mengetahui apa yang sedang dikerjakan oleh kompetitor dengan produk yang sejenis dengan yang Anda punya. Senjata utama dari melakukan riset adalah dengan cara memanfaatkan search engine dengan baik. Menggunakan search engine tidaklah sesederhana yang Anda bayangkan. Penggunaan keyword yang tepat akan mempercepat usaha riset Anda di internet dan pada akhirnya juga akan bisa bersaing dengan UKM lain yang belum memanfaatkan internet untuk melakukan riset.



Berbagai produk barang dan jasa yang dihasilkan kalangan usaha kecil dan menengah (UKM) memiliki potensi untuk dikembangkan. Salah satu hal yang perlu dilakukan adalah memberikan dukungan pengembangan, khususnya pada aspek pemasaran. Komisaris Utama PT Narada Bhakti Nusantara (NBN) I Putu Arimbawa mengatakan, Indonesia memiliki banyak UKM yang menghasilkan produk barang dan jasa di berbagai sektor. Hanya saja, masih sedikit produk tersebut yang beredar secara luas di pasar.
marketing di bangku kuliah mengajarkan empat P, dalam marketing mix yang didefinisikan sebagai Product (produk), Price (harga), Placement (Penempatan) dan Promotion (promosi). Ke-empat P ini sangat penting dalam mengembangkan strategi marketing.
Sebagai konsumen, kita sangat aware dengan brand, meskipun tanpa kita sadari.
Misalnya, apakah singkatan GE? Kebanyakan konsumen akan mengatakan, GE menjual mesing cuci.Kenyataannya, GE lebih menekankan pada mutu produk yang mereka hasilkan, sehingga konsumen akan terus membeli produk yang dihasilkan GE, apakah mesin cuci, perlengkapan rumah tangga, jasa keuangan, atau mesin pesawat. Sebagai konsumen, persepsi kami adalah GE menghasilkan produk bermututinggi.
Jadi, apa yang membedakan produk anda dengan kompetitor? Ada yang mengatakan harga anda harus jauh berbeda dari orang lain. Ini belum tentu benar, karena harga dapat mempengaruhi persepsi produk anda. Konsumen mungkin akan mengartikan harga produk sebagai refleksi mutu produk. Berhati-hatilah dalam menentukanhargaproduk.
Konsumen adalah orang yang sensitif: Jika anda melakukan hal yang membuat mereka kesal, akan membuat mereka meninggalkan anda. Jadi apa yang membedakan anda dengan pengusaha serupa? Bisa jadi harga, layanan, atau mutu. Produk anda haruslah unik dan memenuhi kebutuhan konsumen.
Misalnya, jika anda seorang dokter, pengacara, mekanik, anda mampu memasarkan diri anda. Setiap orang memerlukan keahlian anda. Ingatlah, bahwa tidak seorangpun yang menginginkan layanan buruk, harga tinggi, atau mutu jelek. Sebaliknya, beberapa konsumen akan kembali ke perusahaan pertama yang mereka lihat di yellow pages atau internet. Jadi, sasaran anda seharusnya membedakan produk anda dengan menghasilkan produk atau jasa yang bermutu sehingga anda akan menjadi orang yang pertama kali dituju ketika konsumen memerlukan jasa/produk anda.
Ada banyak "hambatan memasuki" yang dihadapi para penjual agar kompetisi tetap pada jalurnya. Apa saja hambatan tersebut?
Penempatan terkait dengan jaringan distribusi dimana anda akan menjual produk. Misalnya, jika anda ingin memiliki toko kue yang sukses, dan anda ingin mengembangkan bisnis dengan menawarkan roti tidak hanya pada pelanggan setia anda, kemana anda harus menjual? Mungkin hanya menjual di sekitar lingkungan anda, tapi misalkan anda ingin mengembangkan bisnis dan mulai menjualnya di toko roti di pertokoan atau kantin universitas. Penempatan menunjukkan arah distribusi.
Strategi lainnya yang membedakan anda dengan yang lain, adalah layanan. Jika anda memperlakukan konsumen dengan buruk atau tidak perduli dengan mereka setelah membeli produk anda, maka hanya menunggu waktu, perlahan mereka akan meninggalkan anda. Komentar dari mulut juga merupakan alat marketing yang efektif.
Sekali lagi, jika anda tidak memiliki produk yang unik seperti yang dilakukan Microsoft 20 tahun yang lalu, anda harus memperhatikan kepuasan pelanggan. Kita harus menggandalkan kata-kata positif dari mulut ke mulut. Ini adalah iklan terbaik dan murah yang dimiliki pengusaha kecil. Mutu produk dan mutu layanan yang diberikan juga harus diperhatikan.
Apapun yang anda lakukan untuk mengelola bisnis harus membentuk brand. Ketika anda mengadakan meeting dengan staff, tanyakan pada mereka untuk memikirkan dampak dari brand anda. Karena staf anda bertemu dengan konsumen, dan mereka harus memikirkan cara untuk memberikan pengalaman yang lebih baik bagi konsumen.
Ketika kita memikirkan marketing, hal pertama yang kita pikirkan adalah agar nama kita dikenal. Ini yang disebut dengan promosi, tentang mendapatkan nama baik diluar sana. Anda mempromosikan perusahaan anda dan mempromosikan satu jenis produk atau keseluruhan produk yang anda miliki.
Memasarkan perusahaan atau produk melalui iklan cetak dan billboard memerlukan dana yang besar. Tapi yang ingin saya pastikan adalah anda memahami nilai dari pemasaran perusahaan atau produk yang baik dibandingkan hanya menyetujui anggaran periklanan.

Anda harus memahami apa yang ingin disampaikan pada konsumen mengenai anda dan usaha. Mereka ingin mengetahui iapa anda dan apa yang anda jual. Konsumen juga ingin tahu mutu produk anda, dan mereka juga ingin tahu apakah perusahaan cukup bagus dalam hal tersebut. Informasi tersebut hanya didapatkan dari pengalaman yang didapatkan dari produk dan perusahaan anda. Pikirkan hal ini: Anda tidak akan pernah mendapatkan kesempatan kedua pada saat membuat kesan pertama.

Ketika anda telah siap mengiklankan, penting bagi anda untuk tahu apakah anda memiliki produk atau jasa yang unik dan apakah produk atau jasa anda berkwalitas.

Yang terpenting, anda harus bisa memuaskan kebutuhan konsumen. Apakah anda tahu apa yang dibutuhkan konsumen dari anda?

Anda HARUS tahu isi bisnis sebelum anda mengenalkannya ke publik. Bagian dari proses ini mencakup beberapa bentuk manajemen, kebanyakan adalah marketing. Yang berarti memasarkan produk yang tepat di saat yang tepat. Kita dapat memasarkan produk secara langsung pada kelompok konsumen tertentu, tapi kita tidak dapat melakukannya sampai kita tahu apa yang kita jual, bagaimana menjualnya, mutu yang kita berikan harapan konsumen dan harapan anda. Konsumen dapat mengatakannya jika anda tahu apa yang sedang terjadi pada bisnis anda berdasarkan bagaimana anda memasarkan produk.

Sering saya katakan; persepsi konsumen dapat menciptakan atau merusak bisnis anda, kecuali anda memiliki keuntungan suplai dan permintaan. Perhatikan kebiasaan membeli anda ketika anda ke berbelanja, perhatikan perilaku belanja. Mengapa anda membeli barang yang anda beli?.

Pemasar memerankan stimuli tertentu yang menimbulkan reaksi konsumen. Sebagai pengusaha, anda harus menciptakan stimuli yang menciptakan pasar untuk memperluas konsumen. Buatlah sesuatu yang berbeda pada produk atau jasa anda.