Jumat, 15 Oktober 2010

makalah usaha kecil menengah

Makalah Usaha Kecil Menengah














 










Nama               : Deasy P
Npm                : 31208477
Kelas               : 3 dd 03




UNIVERSITAS GUNADARMA
2010
USAHA KECIL MENENGAH

Pengertian UKM
UKM adalah jenis usaha kecil yang biasanya dimiliki oleh pribadi,usaha ini memiliki kekayaan bersih tidak lebih dari 200.000.000.Dalam menjalankan usaha ini tidak semudah yang difikirkan jika semua belum memiliki perencanan yang matang, maka dari itu sebelum menjalankan usaha ada baiknya memiliki perencanaan yang matang. Selain itu ada pun factor-faktor yang mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha diantaranya adalah factor internal dan eksternal.
Factor internal adalah factor-faktor yang timbul dari dalam perusahaan itu sendiri,seperti kekuatan & kelemahan yang dimiliki oleh suatu perusahaan,misalnya adalah terbatasnya modal,kualitas SDM.
Sedangkan factor eksternal adalah factor-faktor yang timbul dari luar perusahaan,misalnya adalah terbatasnya sarana dan prasarana,iklim, pungutan liar,terbatasnya informasi.
Dengan permasalahan yang ada maka langkah yang dapat ditempuh adalah
1. Pemberian modal,dengan cara kredit dengan syarat yang tidak memberatkan bagi calon  Nasabah yang ingin membuka usaha
2. Perlindungan Usaha, setiap usaha yg didirikan harus mendapatkan perlindungan dari berbagai ancaman,agar usaha dapat berjalan ssuai dengan keinginan
3. Pengembangan Kemitraan
Untuk memperluas pangsa pasar dan pengelolaan bisnis yang lebih efisien,perlu dilakukan pengembanganusaha.

4. PelatihanPemerintah perlu meningkatkan pelatihan bagi UKM baik dalam aspek kewiraswastaan, manajemen, administrasi dan pengetahuan serta keterampilannya dalam pengembangan usahanya. Selain itu, juga perlu diberi kesempatan untuk menerapkan hasil pelatihan di lapangan untuk mempraktekkan teori melalui pengembangan kemitraan rintisan.

5. Membentuk Lembaga KhususPerlu dibangun suatu lembaga yang khusus bertanggung jawab dalam mengkoordinasikan semua kegiatan yang berkaitan dengan upaya penumbuhkembangan UKM dan juga berfungsi untuk mencari solusi dalam rangka mengatasi permasalahan baik internal maupun eksternal yang dihadapi oleh UKM.


6. Memantapkan AsosiasiAsosiasi yang telah ada perlu diperkuat, untuk meningkatkan perannya antara lain dalam pengembangan jaringan informasi usaha yang sangat dibutuhkan untuk pengembangan usaha bagi anggotanya.

7. Melakukan  Promosiuntuk memperkenalkan produk kepada masyarakat agar lebih dikenal oleh masyarakat
8. Menjalin kerjasamaPerlu adanya kerjasama atau koordinasi yang serasi antara pemerintah dengan dunia usaha (UKM) untuk menginventarisir berbagai isu-isu mutakhir yang terkait dengan perkembangan usaha.

9. Mengembangkan Sarana dan Prasarana
Dalam kaitannya dengan UKM, pertumbuhan UKM mulai menjadi topik yang cukup hangat sejak munculnya tesis flexible specialization pada tahun 1980-an, yang didasari oleh pengalaman dari sentra-sentra Industri Skala Kecil (ISK) dan Industri Skala Menengah (ISM) di beberapa negara di Eropa Barat, khususnya ItaliaPeran Usaha kecil menengah sebagai penyedia lapangan kerja tidak perlu diragukan lagi.
 Peningkatan unit Ukm wanita atau perempuan, ternyata berdampak positifuntuk mengurangi angka kemiskinan. Namun, UKM perempuan masih mengalami banyakpermasalahan karena ketidakadilan struktur maupun budaya.Nilai strategis lain usaha kecil-mikro adalah kemampuannya menjadi sarana pemerataan kesejahteraan rakyat. Karena jumlah besar, biasanya bersifat padat karya sehingga mampu menyerap tenaga kerja yang besar, meskipun ukuran unitnya kecil tetapi jumlah banyakmemungkinkan orang lebih banyak terlibat untuk menarik manfaat di dalamnya.
UKM memiliki peran penting dalam hal penyedia lapangan kerja tidak perlu diragukan lagi. Jika memerhatikan data Badan Pusat Statistik (BPS) tahun 2005 misalnya, dari 44,8 juta unit usaha yang tergolong UKM, tenaga kerja yang terserap mencapai sebanyak 77,6 juta orang atau 96,77 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar